[INFORMASI PENTING] Biar Teman-Teman Ga Menyesal

Hallo, sebelumnya sudah lama Novi tidak mengupdate blog ini lagi setelah Event 10th Anniversary dari Girls’ Generation. Blog dan tulisan kali ini juga masih berkaitan dengan Event tersebut. Sesuai dengan judul yang tertera diatas, postingan kali ini dimaksud untuk membantu teman-teman semua agar tidak menyesal dikemudian hari. Terkait dengan hal apa? Ini terkait dengan membeli barang dari online shop. Bagi yang ingin tahu dan menyimak pengalaman berharga orang lain yang pernah “tertipu” karena online shop bisa meneruskan membaca tulisan di blog ini.

Mungkin kalian bisa baca postinganku tentang Event lihat di || link || yang sudah aku lampiran. Silahkan kalian klik terlebih dahulu biar kalian jelas. Itu adalah postingan pertama terkait Event Bulk SONE INA.

Online Shop apa yang Novi maksudkan disini. Jika kalian pernah dengar atau kalian bisa browsing sendiri. Online Shop yang dimaksud adalah I SEOUL YOU. Ya.. Online shop tersebut menurut Novi masuk dalam katagori ONLINE SHOP YANG KURANG SEHAT. Apa itu kurang sehat dan apa yang membuat Novi berkesimpulan bahwa online shop tersebut “kurang sehat”? Semua pasti ada sebab dan akibatnya sehingga Novi berani mengatakan bahwa Online Shop ini masuk dalam katagori kurang sehat. Jika teman-teman ingin tahu, Novi akan menjabarkan secara detail. Lihat

  1. PELAYANAN TIDAK SESUAI DENGAN KESEPAKATAN
  2. SULIT UNTUK DIHUBUNGI
  3. BERBELIT-BELIT
  4. KEADAAN BARANG TIDAK SESUAI DENGAN HARAPAN PEMBELI
  5. SULIT REFUND
  6. KONSUMEN TERUS-MENERUS DIRUGIKAN

Kalau kalian lihat seperti yang diatas, bisa tidak membuat kalian ingin berpikir ulang sebelum membeli di Online Shop tersebut? Semoga dengan sharing pengalamanan ini, hal tersebut bisa menjadikan dasar kalian untuk berpikir lebih matang sebelum memutuskan untuk berbelanja di Online Shop tersebut. Lalu memungkin kalian akan bertanya, Apakah online shop tersebut adalah online shop penipu? Jawabannya adalah Bisa Ya dan Bisa saja Tidak. Kenapa? Mari disimak lebih dalam lagi.

  • PELAYANAN TIDAK SESUAI DENGAN KESEPAKATAN

Hal ini mengacu dari beberapa komplain konsumen (dalam kasus ini kebanyakkan adalah dari fandom SONE) mengatakan bahwa penjual/admin dari Online Shop I SEOUL YOU tidak bisa menepati kesepatakan yang sebelumnya telah dia buat sendiri. Seperti apa? Dikatakan sebelumnya Admin/Seller dari Online Shop I SEOUL YOU mengatakan bahwa konsumen yang melakukan PO pada batch pertama akan mendapatkan banyak benefit dari dia. Seperti, album PO pesanan konsumen batch 1 akan datang H+7 dari tanggal perilisan album di Korea. Kenyataannya? MELESET JAUH bahkan ada yang belum mendapatkan hingga berbulan-bulan. I SEOUL YOU juga menawarkan Harga TERMURAH dibandikan Online Shop lainnya dan akan memberikan potongan harga jika konsumen dapat menunjukan bahwa Online Shop lain bisa memberikan harga jauh lebih murah dari penawarannya. NYATANYA? TIDAK TERBUKTI karena akhirnya konsumen DIWAJIBKAN untuk membawar kekurangan EMS+ONGKIR untuk menebus album pesanannya.

  • SULIT DIHUBUNGI

Hal ini pasti mengganggu dalam proses jual beli atau bertransaksi. Siapa yang menginginkan jika seller tiba-tiba memutuskan atau mengalihkan kontak secara tiba-tiba. I SEOUL YOU bahkan tidak segan menutup/mengkunci/memprotect akun SNSnya agar konsumen ataupun user yang menjalin transaksi dengannya kesulitan untuk berkomunikasi ataupun menanyakan barang pesanannya. Hal ini sudah berindikasi TIDAK BAIK karena ini merupakan salah satu contoh pelarian dari admin/penjual itu sendiri. Jika memang dia salah, penjual tersebut harus menghadapi apapun resikonya dan bertanggung jawab dengan konsumen yang dirugikan oleh dirinya secara langsung maupun tidak langsung. SNS yang diaktifkan hanyalah LINE dan Instagram. Itupun segala kolom komentar di non-aktifkan. Segala pertanyaan dan komplain diarahkan pada satu pintu yaitu keonsumen hanya bisa menulis melalui email ke holidaynight.isy@gmail.com

Beberapa admin fanbase SONE lainnya juga sulit mengkonfirmasi dan menghubungi admin/penjual Online Shop I SEOUL YOU. Berikut adalah kesulitan dari sisi admin fanbase SONE INA yang berusaha melakukan komunikasi dengan pihak I SEOUL YOU.

  • BERBELIT-BELIT

Admin atau Penjual terkesan sangat berbelit-belit hingga menyebabkan proses transaksi menjadi lama dan ribet. Konsumen selali di PHP (Pemberi Harapan Palsu) dengan selalu mengupdate bahwa barang/album pesanan mereka sudah ada namun masih tertahan di beacukai dengan waktu yang sangat lama. Tiba-tiba terjadi penambahan harga untuk menebus pembelian album dengan catatan konsumen harus menambah EMS Rp. 30.000,-/album (tinggal dikalikan saja berapa album yang kalian pesan). Ditambah dengan tiba-tiba ada kenaikan ongkir untuk peralbumnya yang masing-masing naik 2x lipat. Kesepakatan awal adalah 2 album = 1 kg untuk 1x ongkir. Namun saat ini berbalik menjadi 1 album = 1 kg untuk 1x ongkir. Hitung sendiri berapa biaya yang dibengkakkan oleh penjual. Kalau teman-teman masih satu pulau dengan si penjual mungkin penambahan Ongkir masih bisa ditolerir. Tapi bagaimana jika hal ini terjadi pada teman-teman yang berada di luar pulau? Bukankah dengan berbelit-belit seperti ini justru makin menghambat proses transaksi dari Event 10th Annyversary Girs’ Generation? Sangat disayangkan.

  • KEADAAN BARANG TIDAK SESUAI DENGAN APA YANG DIHARAPAN

Ini adalah komplain dari beberapa konsumen Online Shop I SEOUL YOU yang mungkin dalam keadaan merasa tidak tertipu oleh Pihak I SEOUL YOU. Mungkin juga banyak konsumen yang sudah diproses transaksinya dan bahkan sudah ada yang menerima seluruh pesanan album PO mereka. Namun tidak berhenti sampai disana saja. Mereka pun ternyata komplain dengan keadaan barang yang telah mereka terima. Keadaan barang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Pastinya sebagai konsumen, kita menginginkan barang yang kita beli dalam keadaan Aman, Baik dan bisa digunakan. Namun banyak dari konsumen (sekali lagi dalam kasus ini kebanyakan adalah kompain dari teman-teman SONE) mengatakan bahwa album yang mereka terima dalam keadaan RUSAK. Kerusakan terjadi karena packing dari I SEOUL YOU tidak memberikan jaminan kepada barang itu sendiri bisa sampai dengan aman ditangan konsumen. I SEOUL YOU hanya memberikan kotak tipis dan hanya melapisi 1 lapis bubble warp saja. Yang tentunnya jika dikirim ke luar pulau, mungkin akan berdampak pada album itu sendiri.

Hal lainnya adalah barang datang tidak sesuai harapan. Banyak yang TIDAK MENDAPATKAN POSTER sebagai keuntungan konsumen jika memesan PO album sebelum dirilis secara resmi pada tanggal atau waktu tertentu. Banyak yang mendapatkan tube kosong. Sebagai konsumen yang dari awal memang sudah mengincar benefit dari PO album tertentu, kalian pasti akan merasa sangat kecewa. Lalu apa bedanya kalian membeli secara PO namun mendapatkan hal yang sama seperti membeli Regular Album. Hal ini membuat apa yang diharapan oleh konsumen tidak terwujud karena ketidak profesionalan dari I SEOUL YOU  sendiri.

Dia juga mensharingkan “Sales Confirmation” untuk meyakinkan konsumen bahwa dirinya telah melakukan pemesanan di Korea. Namun kenyataannya jika benar dia telah membeli PO Album sebanyak 1300, LOGIKAnya pasti dia juga dapet 1300 benefit album yaitu 1300 poster. Tapi kenyataannya, beberapa tidak mendapatkan poster sedangkan dia masuk dalam katagori PO. Seseorang yang membeli PO Album, pastinya akan mendapatkan benefit sejumlah album yang telah dipesan olehnya. Bahkan kenyataannya penjual tidak mendapatkan stock album “All Night” sehingga banyak konsumen hingga saat ini tidak mendapatkan album “All Night” pesanan mereka.

  • SULIT REFUND

Pastinya ada hal yang mungkin bisa membuat beberapa konsumen menjadi sedikit lega jika Online Shop tersebut secara professional membuka refund karena kesalahan mereka sendiri yang tidak bisa memanagement bisnisnya secara baik. Admin dan penjual Online Shop ini tidak secara gamblang memberikan link form refund di SNS mereka. Penjual hanya menaruh form refund di homeline di akun LINEnya dan itupun banyak yang masih ketinggalan informasi karena ketidaktahuan konsumen dalam mengikuti berita terbaru dari Event 10th Anniversary Girls’ Generation. Beberapa konsumen pun mengalami kesulitan meskipun mereka berhasil mengikuti dan mangisi form refund untuk mencoba mengembalikan/menarik uang mereka. Beberapa pun mengalami kendala karena proses refund pun berbelit-belit dan tidak jelas. Ini salah satu contoh dari salah satu teman kita yaitu @grace_saa

Hal terakhir yang terjadi adalah I SEOUL YOU akhirnya akan membuka kembali form refund di homeline di akun LINEnya atau melalui akun Instagram official Online Shop mereka. Kali ini I SEOUL YOU membuka 3 batch dengan ketentuan per batch hanya diberi waktu selama 24jam. Jika ada konsumen yang TELAT karena lebih dari ketentuan 24jam dan tidak masuk dalam 3batch tersebut maka….. I SEOUL YOU hanya akan mengembalikan 50% dari nilai pembelian album. Jadi intinya, kalian hanya bisa mendapatkan 50% dari uang yang kalian transfer. Itupun kalian hanya bisa merefund untuk album “All Night” yang memang notabenya OUTSTOCK di Korea. Jadi percuma kalau kalian menunggu album “All Night” karena stocknya memang kosong. Jika kalian pernah memesan album “All Night” ada baiknya kalian harus segera merefund agar kalian tidak susah untuk kedepannya. Setidaknya uang kalian tidak akan menghilang begitu saja dengan asalan tidak masuk akal dari sang penjual.

  • KONSUMEN TERUS-MENERUS DIRUGIKAN

Konsumen yang pada kasus ini adalah kebanyakan adalah SONE, maka saya dan teman-teman yang lain merasa sudah bosan di PHP oleh admin/penjual dari Online Shop I SEOUL YOU ini. (1) Proses sangat lama hampir 6 bulan jika dihitung dari bulan Agustus 2017 hingga bulan Januari 2018 saat aku mengupdate blog ini kembali. (2) Penambahan yang tidak jelas (3) Barang tidak sesuai, karena tidak ada benefit poster seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya dan ada juga yang albumnya mengalami kerusakan (4) Proses Refund tidak jelas dan berbelit-belit juga (5) Banyak konsumen yang statusnya mengambang tidak jelas (6) Khusus album “All Night” kemungkinan bisa dijual dengan harga lebih tinggi dari harga kesepakatan awal. Jadi lebih baik refund dan membeli album di tempat online shop lainnya yang lebih terpercaya. (7) Konsumen dihadapkan dalam kasus pencucian uang/penipuan yang tidak bisa dibawah keranah hukum karena dalam kasus ini admin/penjual I SEOUL YOU masih melayani beberapa konsumen dan masih bertransaksi dengan baik dengan konsumen lain. Dimana hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri untuk menjadi alasan bahwa dia adalah penjual yang baik dimata konsumen yang lain. (8) Polisi dan Bank mengalami kesulitan untuk memproses kasus seperti ini.

***

Dari apa yang telah aku jabarkan, Novi harap kalian semua bisa lebih berhati-hati dalam membeli barang secara Online. Online Shop yang kalian tuju sebaiknya dicari informasinya terlebih dahulu. Lihat testimoni dan baca banyak postingan dari konsumen lain yang pernah membeli di Online Shop tersebut. Cari banyak informasi, jangan berdasar pada satu atau dua konsumen saja. Baca juga kejelekan dari Online Shop tersebut sebagai pertimbangan akhir sebelum memutuskan untuk bertransaksi bahkan mentransfer uang kalian. Novi disini juga menjadi korban dari Online Shop yang tidak sehat ini.

Novi tidak menyuruh kalian untuk tidak bertransaksi di Online Shop tersebut. Disini Novi hanya memberikan saran dan mensharingkan pengalaman pahit yang pernah Novi rasakan sendiri sebagai salah satu konsumen Online Shop I SEOUL YOU. Jika teman-teman merasa baik-baik saja dan tidak pernah bermasalah dengan Online Shop tersebut dan tetepa ingin bertransaksi pada Online Shop tersbut it’s fine! Semua keputusan ditangan kalian. Disini Novi hanya memberikan gambaran agar kalian bisa berhati-hati. Jika kalian terjerumus dan mengalami hal yang sama dengan Novi ataupun teman-teman SONE yang lain, setidaknya kalian bisa tahu apa yang harus kalian lakukan dan apa yang kira-kira bakal terjadi dengan uang kalian dan barang yang kalian pesan.

Disini Novi ambil bagian karena Novi pernah mensharingkan untuk teman-teman ikut membantu Event 10th Anniversary Girls’ Generation di I SEOUL YOU. Maka Novi juga bertanggung jawab untuk mensharingkan kepada teman-teman yang untuk bisa lebih berhati-hati saat membeli barang secara Online. Admin dan Penjual Online Shop I SEOUL YOU memiliki niat yang kurang baik kepada beberapa konsumennya. Jadi aku harap kalian tidak kecewa dikemudian hari sama seperti apa yang aku rasakan saat ini. Semoga dengan sharing pengalaman ini, kalian menjadi lebih dewasa dan bijak dalam memutuskan sesuatu dan menilai sesuatu.

Untuk lebih detail coba kalian baca tweet yang telah disharingkan oleh salah satu temen SONEs kita @sillysone disana sudah dijabarkan dengan baik apa yang terjadi sehingga banyak data sehingga membuat I SEOUL YOU bisa dikatakan menjadi Online Shop yang tidak sehat. Jadi kalian harus berhati-hati lagi jika masih ingin meneruskan bertransaksi di Online Shop tersebut. Sekali lagi tolong dipikir beribu-ribu kali sebelum menyesal seperti Novi saat ini. Semoga ini bermanfaat. Semoga informasi ini bisa dijadikan salah satu bahan untuk kalian berpikir ulang dan kalian mau mencari informasi terlebih dahulu terkait dengan online shop yang ingin kalian kontak untuk membeli album/goodiest tertentu dari Korea. Ini semua berkaitan dengan seluruh Online Shop di Indonesia maupun Online Shop Internasional, khususnya saat ini Novi membahas I SEOUL YOU ADALAH ONLINE SHOP YANG KURANG SEHAT. Jadi kalian harus waspada. Sekian dulu teman-teman. Jika ada yang mengalami hal serupa, kalian juga boleh sharing di komen, sehingga teman-teman yang lain bisa tahu dan bisa lebih waspada. Terima kasih.

 

||  CARILAH ONLINE SHOP YANG SEHAT DAN TERPERCAYA ||

 

***

IN ENGLISH

 

The conclusion i had been posting some article about untrusted online shop. Yes for this case the online shop that i mean is ISEOULYOU. You can visit their SNS:

|| Twitter ||

|| Instagram ||

|| Line : @iseoulyou ||

I think you known or heard before, if there was an Event Girls’ Generation 10th Anniversary. Me and SONE INA who lived in Indonesia will doing bulk project with buying their album from one online shop and that online shop will make PO and buy it from Korea. At first maybe that event looks success but honestly we got scam.

That even started from August 2017 and until Januari 2018, we still got nothing. We buy or make PO for buying Holiday and All Night version. From 600++ person who order from that online shop, maybe only 1/8 who really got their orders (full) and for 3/8 person maybe already get half from their orders but not all because they must waiting All Night Album. Poor for me and 4/8 person who joined on that bulk event, because we got nothing until now. A lot complain from the customers like this picture:

|| Google Sheet (All Customer) ||

From that Google Sheet, you can see if customer who get WHITE COLOR is the customer who didn’t received anything from August 2017 until January 2018. GREEN COLOR is the customer who received half from their order (except All Night Album), that user must waiting again until unknown time. YELLOW COLOR is the customer already received their orders. If you known when you buy PO album you will get a benefit, for this case we must get a Poster. Not Half from customers who already received their PO album they got none. The seller just send the tube without poster inside the tube.

For the half way, the seller suddenly asking more money to the half customer who still didn’t get their album. The seller asking more money for EMS and Shipping. We need add more money Rp. 30.000,-/album and plus cost 1album=1kg for shipping from that seller place. The seller even make refund become more difficult. The last update, the seller just want refund 50% our money if we can’t on-time to send form refund to the seller. The seller just will give 3 chance for us and each change get 24hours. If you late or something then the seller with his/her big arrogant just will pay 50% from our payment. That’s really insane. The seller make a big joke because he/she make his/her own rules and we as customer as his/her toys.

|| New Google Sheet (Just for Customer who didn’t recieved the album) ||

That’s really tragic. We can’t refund our money and really difficult for make a communication directly towards the seller. The seller even blocked their SNS and closed their comment. You can checked the SNS. The seller really unprofessional and really turned become a scammer. The online shop still active and still selling album/goodies/lightstick from another group. So better if you don’t buy or order any album/goodies/lightstick/etc from that online shop. If International SONEs have some project, please check who is the seller what online shop include in that project. His or Her name is FAIRUZ. Once again, don’t do any transaction with that scammer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s