Memilih untuk perubahan yang lebih baik!

Besok tepat pada tanggal 09 Juli 2014 seluruh warga negara Indonesia akan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan masa depan Bangsa Indonesia. Besok adalah saat pemilihan Presiden yang mana akan memimpin Bangsa Indonesia selama 5 tahun kedepan. Dari jaman dahulu hingga sekarang Novi merasa tidak ada perubahan yang terlalu signifikan untuk menuju kearah perubahan yang lebih baik. Kali ini Novi harap calon yang akan menjadi Presiden nanti setidaknya bisa membawa perubahan Indonesia menjadi lebih baik dari tahun ke tahun.

Novi sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan siapa yang lebih cocok menjadi Presiden Republik Indonesia kali ini. Karena harapan-harapan Novi dari duhulu hingga sekarang masih tetaplah sama. Harapan akan Indonesia bebas dari diskriminasi SARA, Indonesia yang aman dan damai, Indonesia yang peduli kepada kesejahteraan warga negaranya, Indonesia yang melindungi setiap hak dan keamanan setiap warganya. Banyak sekali pertanyaan dalam pikiran Novi saat ini. Ini merupakan pandangan Novi dan hal yang terlintas dalam pikiran Novi saat ini. Mungkin ada yang sama dengan pemikiran teman-teman, dan tidak tertutup kemungkinan berbeda dari pemikiran teman-teman. Tidak ada yang benar atau salah karena setiap orang punya opini yang berbeda bukan? Kita harus menghargai perbedaan dan pendapat orang lain ^^

Novi berpikiran bagaimanapun ceritanya jika oknum pejabat sendiri melakukan korupsi dan membuat warna negara menjadi korban money politik mereka, selamanya Indonesia akan tetap berdiri ditempat dan tidak akan pernah bergerak maju untuk mencapai sebuah perubahan. Korupsi hanya menimbulkan utang negara dan menyengsarakan warga negara karena yang menanggung semua utang-utang negara adalah semua warga negara Indonesia.

Bagaimana membuat lingkungan menjadi aman dan damai jika hukuman bagi para penjahat tidak pernah adil dan setimpal dengan perbuatan yang telah mereka lakukan kepada para korban mereka? Jangankan membicarakan hak asazi manusia, jika para penjahat sendiri tidak pernah memikirkan hak asazi dari para korbannya. Korban pembunuhan, Korban pemerkosaan, Korban perampokan dan korban dari kejahatan lainnya tidak pernah mendapatkan keadilan. Keadilan lemah dan penegak hukum lebih takut kepada para penjahat dibandingkan membela kebenaran. Permasalahan hukum yang kian lemah menjadi salah satu penyebab mundurnya perkembangan bangsa. Penyelesaian hukum cukup berbelit-belit dan hasilnya selalu mengecewakan. Hukum adalah salah satu faktor yang juga harus diperhatikan dan dibenahi untuk menuju ke perubahan yang lebih baik.

Bagaimana membuat pendidikan menjadi maju dan berkualitas, jika guru dan murid tidak sama-sama dibekali ilmu dan fasilitas yang memfasilitasi mereka untuk lebih maju? Guru pada saat ini telah berubah banyak dari guru-guru pada jaman dahulu. Guru saat ini kebanyakkan tidak pantas teladani ataupun ditiru. Banyak Guru yang justru memanfaatkan status dan peran mereka untuk berbuat kejahatan kepada murid-murid mereka. Dimana guru-guru yang mengajarkan budi pekerti kepada murid-muridnya? Dimana guru yang tidak hanya menjalankan tugas sebagai guru namun juga sebagai penganti peran orang tua di sekolah? Kini banyak sekali diberita Guru yang mencabuli para muridnya! OMG!! Keterlaluan kan?? Banyak yang perlu dibenahi dalam sisi dunia pendidikan jika ingin mencetak generasi anak-anak bangsa yang berkulitas.

Bagaimana membuat kemiskinan berkurang tiap tahunnya, jika masyarakatnya sendiri malas untuk mencari kerja dan tidak produktif bagi perusahaan ditempat mereka bekerja? Banyak sekali pengamen dan pengemis yang hanya meminta-minta tanpa ada upaya untuk bekerja dari skill yang mereka miliki. Ingin naik gaji namun kerjanya selalu malas dan tidak turut serta memikirkan perkembangan keuntungan perusahaan tempat dimana dia bekerja. Selalu ingin naik gaji namun hasil timbal balik yang mereka berikan kepada perusahaan tidak pernah balance, sehingga timbul pemecatan dan makin menambah banyaknya penggangguran. Mental dan skill dari tiap individu warga negara perlu ditingkatan untuk menambah kualitas dan produktivitas untuk mengatasi permasalahan kemiskinan. Meningkatkan skill dari sumber daya manusia secara tidak langsung bisa turut membantu membuka lapangan pekerjaan baru, bukan?

Bagaimana cara menjaga eksploitasi kekayaan alam di Indonesia, jika sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia saat ini tidak pernah menyamai sumber daya manusia dari negara lain yang lebih mampu mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam kita? Tidak usah jauh-jauh, para pejabat dipemerintahan sendiri rela menjual kekayaan alam Indonesia untuk media korupsi mereka. Tidak hanya kekayaan alam namun juga menjual tanah air kepada negara tetangga (contoh; di Kalimantan). Banyak batas wilayah Indonesia dan Malaysia berubah karena para pejabat menarik dana dan menjual tanah kepada warga negara Malaysia yang membuka lahan baru sebagai tempat tinggal mereka hingga mempersempit wilayah Indonesia sendiri. Dimana letak cinta tanah air dan rasa patriotik kepada negara sendiri? Ini adalah masalah sumber daya manusia yang tidak bisa menjaga dan mengolah sumber kekayaan alam di negara sendiri, dan ini adalah hal yang saat menyedihkan.

Banyak pertanyaan dan masih banyak yang harus dibenahi. Perubahan menjadi lebih baik tidak bisa terjadi secara instant. Semua butuh waktu dan perjuangan. Pertanyaannya, Apakah kita sebagai warga negara Indonesia bersedia bekerja sama dan juga melakukan perubahan menuju Indonesia yang lebih baik? Karena sejujurnya masih banyak yang tidak sepaham dan justru terkesan makin memecah belah kesatuan dan keutuhan bersama. Novi hanya mengingatkan, sejak Indonesia merdeka Indonesia mengusung PANCASILA. PANCASILA bukan sesuatu yang tidak ada artinya, justru PANCASILA yang menyatukan seluruh warga negara Indonesia dari sabang hingga marauke. Semua memiliki budaya, suku, agama, ras yang berbeda-beda dan PANCASILA yang menyatukan kita semua menjadi warga negara Indonesia. Hendaknya kita lebih mendekatkan diri dan saling membahu untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Mari memilih pemimpin yang kiranya bisa membawa dan membimbing semua warga negara Indonesia menjadi bangsa yang lebih kuat, lebih berwarna, dan menjadikan Indonesia negara yang berkembang dan tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain. Masih banyak permasalahan yang harus segera dibenahi. Masih banyak permasalahan yang perlu mendapat sorotan. Masih banyak keluhan rakyat yang masih belum tersampaikan.

Adakalanya para pejabat harus merefleksikan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menjabat menjadi salah satu orang yang duduk dikursi penting dipemerintahan. Apakah kredibilitasnya sesuai? Apakah kemampuannya memadai? Apakah selama beliau menjabat bagian yang menjadi wewenangnya telah berjalan menuju ke perubahan yang lebih baik? Apakah selama ini beliau benar-benar bekerja untuk rakyat dan untuk Indonesia? Jangan hanya ingin menjadi pejabat dipemerintahan jika hanya berpikiran untuk KORUPSI dan HANYA MERUGIKAN RAKYAT!!

Bagi Novi yang dikatagorikan sebagai anak muda. Novi masih belum paham benar sejarah yang sebenarnya dari setiap calon pemimpin yang akan menjadi Presiden RI untuk 5 tahun kedepan nanti. Banyak catatan sejarah hitam dan putih dari kedua calon. Banyak kelebihan dan kelemahan dimasing-masing calon. Banyak Visi dan Misi yang terkesan sangat membual dan sulit terbukti dalam kurun waktu 5 tahun saat mereka menjabat nanti. Namun semua kembali kepada pilihan hati. Siapa yang kiranya LEBIH PANTAS menjadi Presiden RI ditentukan oleh kita secara pribadi. Asalkan kita sudah berapresiasi dan ikut serta menjadi bagian warga negara Indonesia dan menggunakan hak pilih kita, apapun hasilnya semoga Presiden RI 2014-2019 bisa membawa Indonesia kearah yang lebih baik.

Ini hanya opini dan curhatan hati dari Novi. Novi sendiri malas menjago-jagokan calon presiden pilihan Novi ataupun menjelek-jelekan calon presiden lainnya. Karena bagi Novi semua tidak ada yang sempurna, dan semua tergantung pada masyarakat dan kembali pada kesadaran para pejabat dalam menjalankan tugasnya sebagi wakil rakyat. Sudah sangat bosan melihat beberapa teman saling menjagokan dan menjelek-jelekan calon presiden lainnya di Facebook dan juga di Twitter. Novi hanya ingin teman-teman yang lain memikirkan hal ini lebih bijaksana dan jangan lupa untuk berpartisipasi untuk memberikan suara kalian di Pemilu besok. Jangan GolPut (Golongan Putih) ga musim!! Lebih baik memberikan suara kalian untuk perubahan Indonesia menjadi lebih baik.

So!! Besok jangan lupa untuk Nyoblos!! Have a nice day ^^ Gbu~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s